Honda Catat Penjualan Bulanan Tertinggi Pasca Pandemi

Pada bulan September 2022, Honda mencatat penjualan mobil sebanyak 12.977 unit di Indonesia, melanjutkan trend peningkatan penjualannya di semester kedua tahun ini. Pencapaian Honda di bulan September juga menjadi rekor penjualan retail bulanan tertinggi Honda pasca pandemi Covid-19 di Indonesia yang telah berlangsung hampir 3 tahun.

Semenjak awal tahun 2020, dampak pandemi terhadap penjualan Honda mulai terlihat terutama disebabkan pembatasan aktivitas masyarakat dan pasokan komponen untuk produksi. Penjualan Honda mulai meningkat secara bertahap di tahun 2021 dan 2022, meskipun kendala kelangkaan komponen masih membatasi pasokan produk untuk memenuhi permintaan konsumen yang kembali mulai tinggi.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Meskipun belum sepenuhnya kembali ke level sebelum pandemi, penjualan Honda saat ini telah menunjukkan trend pertumbuhan yang sangat baik karena didukung penyegaran produk-produk kami dan aktivitas masyarakat yang mulai kembali meningkat. Meskipun demikian, dampak pandemi saat ini masih cukup terasa terutama dari sisi pasokan komponen yang menyebabkan tingkat produksi masih belum stabil. Karena itu, kami akan terus memonitor kondisi pasokan komponen dan berusaha semaksimal mungkin untuk dapat secepatnya memenuhi seluruh permintaan konsumen di Indonesia.”

Secara total, penjualan retail Honda di tahun 2022 tercatat sebanyak 88.393 unit, meningkat sebesar 29 % dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Penjualan Honda di tahun ini terutama didukung produk-produk seperti Honda Brio, All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V yang juga kembali menjadi penyumbang penjualan tertinggi bagi Honda di bulan lalu.

Pada bulan September lalu, Honda Brio Satya berhasil terjual sebanyak 4.950 unit sementara itu Honda Brio RS sebanyak 1.059 unit. Honda Brio secara total sudah berhasil terjual sebanyak 41.778 unit pada periode Januari hingga September 2022. All New Honda HR-V mencatat penjualan retail tertingginya di tahun ini setelah mengumpulkan penjualan sebesar 3.003 unit. Honda HR-V sudah berhasil terjual sebanyak 16.745 unit pada periode Januari hingga September 2022. Selain itu juga All New Honda BR-V kembali mencatat penjualan retail bulanan tertingginya di tahun ini, setelah mengumpulkan penjualan sebesar 2.538 unit. Sejak mulai dikirimkan ke konsumen pada bulan Januari tahun ini, All New Honda BR-V sudah terjual sebanyak 16.915 unit.

Model Honda lainnya, yaitu Honda City Hatchback RS terjual sebanyak 615 unit, New Honda CR-V sebanyak 600 unit, All New Honda Civic RS sebanyak 70 unit, New Honda Mobilio sebanyak 61 unit, All New Honda City 57 unit, unit dan New Honda Accord 24 unit.

Memasuki bulan Oktober 2022, Honda juga menawarkan program penjualan terbaru bertajuk “Share Your Redefined Experience” untuk periode bulan Oktober hingga Desember 2022 dimana konsumen berkesempatan mendapat Special Leasing Program 0% untuk 1 Tahun*, Fleet Sales Package Value hingga Rp 10 juta**, Daily Rewards Rp 5 juta**, Weekly Rewards Rp 5 juta**, Monthly Rewards Rp 5 juta** dan Free Biaya Perawatan berkala (Jasa + Parts s/d 50.000 km / 4 tahun)***

Selain itu terdapat pula program Sporty DNA Package khusus untuk pembelian unit Honda City Hatchback RS Manual Transmission dimana konsumen berkesempatan untuk mendapatkan tambahan reward Rp 10 Juta dan bonus genuine part accessories berupa; Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Under Spoiler, Tailgate Spoiler Garnish dan Door Visors.