Jaga Kebersihan Mobil, Begini Cara Membersihkan Karpet Berbahan Beludru

Selain melakukan perawatan pada bagian eksterior mobil, bagian interior juga perlu tetap dijaga kebersihannya guna menunjang perjalanan yang nyaman. Salah satu bagian interior yang rentan terhadap kotoran adalah karpet mobil, yang tentunya harus dibersihkan secara berkala.

Umumnya, saat pertama kali membeli mobil, kendaraan Anda sudah dilengkapi dengan karpet atau alas kaki berbahan beludru. Bagaimana cara membersihkannya? Simak cara-cara berikut:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan seluruh karpet dari dalam mobil, termasuk karpet untuk baris pertama dan baris kedua. Jangan membersihkan karpet didalam mobil karena dapat menyebabkan kotorannya berpindah ke tempat lain.

Selanjutnya, Anda perlu membersihkan kotoran dan debu yang menempel menggunakan vacuum cleaner, atau membersihkannya menggunakan sikat halus.

Selanjutnya, basahi seluruh permukaan karpet mobil Anda menggunakan air secara merata. Kemudian, berikan shampoo mobil diatas permukaan karpet dan sikat khususnya pada bagian yang bernoda.  Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda harus menggunakan sikat berbahan halus saat membersihkan karpet beludru. Selain itu, jangan menyikat dengan sekuat tenaga karena gesekan yang terlalu keras dapat merusak tekstur beludru.

Selanjutnya, jemur karpet mobil Anda di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Hindari menjemur langsung dibawah terik sinar matahari, guna mencegah warna karpet berubah.

Bersihkan bagian dasar kabin Anda dari debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner hingga ke bagian-bagian yang sulit dijangkau. Setelah itu, letakkan karpet mobil yang sudah bersih dan kering untuk melapisi bagian dasar kabin.