Jangan Biarkan Paku Menancap di Ban Mobil, Efeknya Ngeri, Kok Bisa?

Jangan Biarkan Paku Menancap di Ban Mobil, Efeknya Ngeri, Ini Penjelasannya. Banyak yang tidak tahu atau membiarkan paku yang menancap pada telapak ban mobil. Padahal jika ada paku yang menancap pada ban mobil dan dibiarkan tidak segera dilepas atau tidak dicabut. Paku yang menancap di ban tersebut bisa menimbulkan terjadinya masalah pada ban mobil.

Bambang Hermanu Hadi, Manager Training and Product Knowledge PT Sumi Rubber Indonesia selaku produsen ban Dunlop yang dikutip dari otomaniaa.gridoto.com menjelaskan. Bahwa paku yang masih menancap tersebut bisa merobek ban mobil. “Betul, bila didiamkan terus menerus maka paku akan semakin dalam menancap ke ban mobil,” buka Bambang. “Paku tersebut lama kelamaan akan membuat bagian dalam ban seperti benang nylon akan sobek,” tambahnya.

Hal ini jelas sangat membahayakan mengingat ada tekanan angin di dalam ban. Saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi, kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah ban akan pecah. “Bisa saja terjadi ban pecah kalau paku tersebut masih menancap dan merobek bagian benang penguat ban,” jelasnya.”Sebaiknya, jika kita melihat ada paku yang menancap di ban segera cabut, kalau bocor langsung tambal,” bebernya.

Cara tersebut lebih aman karena tidak membuat kerusakan ban semakin meluas yang berakibat berbahaya saat mobil dikemudikan.