KABIN MOBIL BERBAU TAK SEDAP? INI SOLUSINYA

Mengendarai mobil dengan kabin yang berbau tidak sedap tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda di perjalanan. Bau pada kabin dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya yakni adanya sampah yang terselip atau bagian yang terkena cairan dari makanan atau minuman.

Bagaimana caranya menghilangkan aroma tidak sedap dari kabin Anda? Berikut beberapa solusi yang dapat diterapkan:

Pertama-tama, bersihkan kabin Anda dari sumber-sumber aroma tidak sedap. Buang setiap sampah didalam kabin, dan gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran lainnya. Gunakan vacuum berbentuk corong dengan ujung lancip, agar dapat menjangkau sudut-sudut tertentu didalam mobil.

Gunakan kain lap halus untuk membersihkan setiap permukaan plastik, kayu, kaca, dan logam yang ada di dalam kabin mobil. Jika Anda tidak ingin menggunakan air hangat untuk membersihkan permukaan dalam kabin, campuran air dan deterjen ringan biasanya aman digunakan untuk membersihkan hampir semua jenis permukaan. Untuk permukaan kaca, gunakan cairan pembersih kaca. Untuk jok berbahan kulit, gunakan cairan pembersih khusus kulit.

Kemudian, Anda juga perlu membersihkan setiap karpet pelapis untuk menghilangkan bau dengan maksimal. Keluarkan seluruh karpet pelapis dari dalam mobil, membersihkannya dengan sikat untuk karpet berbahan kain atau menggunakan air untuk karpet berbahan karet, kemudian menjemurnya dibawah sinar matahari.

Setelah kabin bersih dari debu dan sampah, Anda dapat menggunakan air purifier untuk menetralkan udara didalam kabin. Air purifier dapat menyerap debu dan bau apek yang ada di dalam kabin lalu menyaringnya, dan kemudian mengeluarkan udara yang segar. Selain itu, alat ini juga dapat membunuh bakteri dan jamur di kabin mobil. Namun, berbeda dengan AC yang dapat mengubah suhu dan temperatur udara di kabin mobil, air purifier hanya membersihkan dan memurnikan udara saja.

Apabila bau didalam kabin belum sepenuhnya hilang, Anda dapat memanfaatkan bubuk kopi yang dipercaya dapat menetralisir bau didalam ruangan. Caranya, tempatkan semangkuk kecil kopi bubuk atau taburkan biji kopi di dalam kabin mobil selama satu malam. Tidak hanya bau apek, aroma kopi dapat menetralisir bau asap rokok dan bau sisa makanan.

Satu lagi cara yang dapat Anda lakukan adalah menempatkan pewangi beraroma lembut di dalam kabin mobil, setelah Anda selesai membersihkan kabin. Semprotkan pewangi kedalam kabin mobil, kemudian biarkan kabin terbuka selama 30 menit agar sirkulasi udara semakin menetralkan bau tidak sedap didalam kabin.