Kesannya Sepele, tapi Salah Pasang Karpet Mobil Bisa Berakibat Fatal

Keberadaan karpet mobil sering dianggap sepele oleh pengendara karena posisinya yang ada di bawah. Padahal kesalahan saat memasang komponen ini bisa berakibat fatal, lho.

Seperti dikutip dari keterangan Detik Oto, ada sejumlah potensi masalah yang bisa ditimbulkan karena pemasangan karpet mobil yang salah. Apa saja?

Beberapa potensi masalah yang terjadi dalam kasus pemasangan karpet mobil antara lain karpet bertumpukan (lebih dari satu karpet), kemudian lubang karpet tidak masuk ke pengait, posisi karpet salah arah, dan posisi karpet terbalik.

Potensi masalah tersebut memang tidak terlalu berdampak bagi karpet yang ada di bawah kursi penumpang. Namun akan menjadi bahaya yang serius bagi karpet di bawah kursi pengemudi, sebab karpet bisa menutupi pedal gas dan karpet bisa mengganjal pedal gas.

“Jika pedal-pedal (gas/rem/kopling) terganjal, maka hal ini dapat mengurangi kemampuan percepatan/perlambatan kendaraan. Pada kondisi tertentu, pedal dapat tersangkut dan tidak kembali ke posisi semula ketika dilepas, sehingga pada kondisi terburuk, kecepatan kendaraan menjadi tidak terkendali.”

Maka itu, pengendara mobil diwajibkan memastikan posisi karpet mobil supaya berada dalam posisi yang benar.

Karpet tidak boleh menutupi pedal gas dan pedal rem. Untuk pengait dengan tipe hook, lubang karpet harus masuk ke dalam pengait. Sedangkan untuk pengait dengan tipe dial, pengait harus dalam posisi terkunci.