Mengenal Fungsi Brake Cleaner Mobil

Brake cleaner mobil sendiri merupakan salah satu produk yang berfungsi untuk merawat sistem pengereman mobil. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa pengereman merupakan salah satu sistem keselamatan yang sangat berdampak pada kenyamanan kalian saat berkendara. Karena perannya yang penting dalam merawat sistem pengereman, maka penting bagi kalian untuk memahami lebih dalam mengenai komponen yang satu ini.

Adapun beberapa fungsi dari brake cleaner yang perlu kalian pahami adalah sebagai berikut:

Fungsi utamanya brake cleaner ini adalah untuk membersihkan segala kotoran maupun debu yang menempel pada komponen pengereman mobil. Jika kalian sadari kotoran dan debu biasa menumpuk pada area kaliper dan kampas rem, sehingga dapat menghambat kinerja dari rem. Akibatnya rem jadi kurang pakem dan bahayanya dapat menyebabkan kecelakaan saat mobil dipacu dalam kecepatan tinggi.

Pada sistem pengereman mobil sendiri terdapat banyak komponen seperti kaliper, kampas dan sebagainya. Sehingga saat rem diinjak maka komponen-komponen yang ada akan saling bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan. Sistem rem yang kotor inilah akan menyebabkan gesekan antar komponen menjadi besar.

Akan tetapi dengan adanya brake cleaner ini, kotoran dan debu pada sistem pengereman dapat dibersihkan. Alhasil, gesekan antar komponen dapat di minimalisirkan dan komponen-komponen yang bergesekan jadi tidak mudah aus.

Setelah kalian memahami fungsi dari brake cleaner mobil, maka kalian perlu memahami cara penggunaan atau pengaplikasiannya sebagai berikut: 

Langkah pertama yang pastinya kalian perlu melepaskan bagian ban mobil. Kemudian jika sudah dilepas maka kalian bisa semprotkan brake cleaner ke area kaliper dan piringan rem, jangan sampai cairan ini terkena komponen lainnya untuk menghindari kerusakan pada komponen-komponen lain. Selanjutnya pastikan juga brake cleaner sudah merata, caranya saat sudah menyemprotkan kalian bisa ratakan menggunakan sikat halus sampai semua kotoran/debu terangkat. Setelah itu kalian bisa lap bagian yang dibersihkan tadi dengan menggunakan lap bersih.