Parkir Pakai Mobil Matik, Hati-hati Salah Injak Pedal

Parkir mundur menggunakan mobil bisa menjadi hal yang cukup sulit untuk pengemudi pemula. Saat memarkirkan mobilnya, pengemudi harus lebih waspada dan memperhatikan area parkir, terkhusus buat pengemudi mobil matik.

Dikutip dari otomotif.kompas.com, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, bahwa pengemudi harus lebih waspada saat parkir mundur. Terutama, ketika pengemudi salah menginjak pedal.

Tidak jarang terjadi kecelakaan akibat pengemudi mobil salah menginjak pedal ketika parkir, berujung kendaraan menabrak objek lain yang ada di sekitarnya seperti mobil parkir, toko, hingga pejalan kaki.

“Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjak adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur,” ucap Marcell.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Marcell menyarankan pengemudi untuk menempatkan kaki hanya pada pedal rem, bukan pedal gas. Pedal gas seharusnya hanya diinjak jika memang mobil kehilangan tenaga, itupun disarankan dilakukan perlahan. Setelah itu, kaki harus kembali ke pedal rem.

Kemudian, pengemudi harus memastikan area parkir sudah aman dan bebas dan objek yang berpotensi mengganggu keselamatan. Perlu diingat, pengemudi jangan hanya sekadar mengandalkan spion saat parkir mundur. Karena, tetap ada beberapa area yang tidak terlihat dari spion karena terhalang blind spot.

Penting bagi pengemudi untuk sesekali menengok ke belakang, bukan hanya melihat ke arah spion. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada objek yang terlewat akibat berada di area blind spot mobil.

Selain itu, gunakan juga teknologi yang ada pada mobil. Misalnya, kamera mundur yang memberikan pandangan luas area belakang mobil untuk pengemudi. 

“Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur,” ucap Marcell.