Performa mobil menurun? Itu Tanda Bahwa Oli Mobilmu Harus Diganti!

Oli mesin merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam meringankan kinerja mobil Honda kesayangan kita loh Sobat! Saat mesin mobil dinyalakan, oli akan langsung disirkulasikan ke seluruh komponen mesin melalui pipa untuk melumasi dan mengurangi gesekan antar komponen. Hal ini berfungsi untuk menjaga komponen mesin dari karat, mencegah overheat dan menghasilkan suara mesin yang halus.

Penggantian oli ini biasanya dilakukan secara berkala loh Sobat Honda. Anda bisa mengetahu kapan penggantian oli harus dilakukan dengan melihat jadwal yang terdapat di buku panduan service untuk pemilik kendaraan. Nah, selain mengikuti jadwal yang sudah ada, Sobat juga bisa melakukan pengecekan  secara mandiri untuk mengetahui kualitas oli mesin mobil Anda loh.

MinHo sudah mengumpulkan beberapa tanda bahwa oli mesin mobil sudah harus diganti, yuk kita simak!

Oli berkualitas baik biasanya akan memiliki daya lekat yang berfungsi untuk melapisi setiap komponen mesin. Oli yang melekat tersebut akan menjadi penjaga diantara setiap komponen agar tidak bergesekan secara langsung, sehingga meminimalisir getaran dan suara.

Nah, jika oli yang digunakan sudah terlalu lama kualitasnya akan berkurang, karena terpapar panas serta kotoran dari mesin. Hal ini akan mengakibatkan komponen tidak lagi memiliki pelindung yang menghalagi gesekan antar komponenen. Ini akan menyebabkan mesin mengeluarkan suara dan menjadi kasar saat dinyalakan. Jika sudah begini, segera lakukan penggantian oli ya Sobat Honda!

Sobat Honda pasti sudah tahu kan kalau oli yang baru dan berkualitas baik biasanya memiliki warna coklat kekuningan, sedangkan oli yang sudah lama digunakan dan telah berkurang kualitasnya memiliki warna hitam pekat. Warna gelap ini disebabkan karena oli sudah tercampur dengan berbagai kotoran dan panas mesin. Nah, jika warna oli mobil Anda sudah berubah menjadi warna hitam pekat, segera lakukan penggantian oli di dealer resmi Honda. Karena apabila dibiarkan hal ini dapat mengganggu kinerja mesin, sehingga tidak bekerja dengan optimal.

Sobat Honda pernah merasa kalau mobil Honda kesayangan Anda menjadi kurang responsive atau lemot? Segera lakukan pengecekan ke dealer resmi Honda ya Sobat! Karena, salah satu penyebab mesin kendaraan lemot atau kurang responsif adalah kurangnya jumlah oli atau buruknya kualitas oli di dalam mesin.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebagai cairan yang bertugas untuk melumasi setiap komponen oli akan membantu komponen mesin Anda menjadi licin dan lebih mudah untuk bergerak. Saat kualitas oli Anda sudah berkurang, tandanya oli tersebut memiliki daya lumas yang buruk sehingga mesin lebih berat dan lambat bekerja. Maka dari itu, segera lakukan penggantian menggunakan oli Honda dengan kualitas terbaik ya Sobat!

Saat terdapat masalah pada sistem pelumas mesin, lampu indikator oli yang berada di dashbor mobil akan menyala. Penyebabnya dapat bermacam-macam, mulai dari oli habis, tekanan oli turun, atau kualitas oli yang buruk karena sudah terlalu lama digunakan. Sobat Honda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu menggunakan stick oli, apakah oli sudah habis, atau mungkin kualitasnya sudah buruk dan berwarna hitam pekat. Apabila tinggi oli sudah berada di bawah batas yang disarankan atau warna oli sudah berubah, segera bawa mobil Honda kesayangan Anda ke dealer resmi Honda terdekat di kota mu dan lakukan pergantian ya Sobat!

Nah Sobat Honda, itu dia tanda-tanda kalau kendaraan sudah harus diganti oli nya. Pastikan Anda selalu mengganti oli sesuai jadwal perawatan berkala guna menghindari terjadinya hal-hal yang sudah MinHo sebutkan di atas ya. Agar lebih mudah mengetahui kapan harus melakukan penggantian, selalu cek buku panduan servis untuk pemilik kendaraan dan jangan lupa untuk selalu melakukan pergantian di dealer resmi Honda dan menggunakan suku cadang resmi dari Honda.