Tips Mengendarai Mobil Matic Di Turunan Supaya Tidak Cepat Rusak!

Di era sekarang ini, perkembangan industri otomotif terus meningkat. Produsen mobil telah menciptakan berbagai kemudahan dan kenyamanan yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Salah satunya dengan munculnya mobil dengan transmisi matic, sekarang ini peminat dari mobil matic makin banyak. Hal tersebut secara tidak langsung menuntut produsen-produsen membuat mobil dengan transmisi matic, karena banyak dari masyarakat merasa bahwa mobil matic lebih mudah dikendarai dan juga tidak membuat lelah.

Jika kita berbicara mengenai cara pengoperasian dari mobil matic memang mudah, namun kalau kalian ingin membeli atau sudah memiliki mobil matic, kalian perlu mengetahui perawatan mobil matic supaya tidak cepat rusak. Karena perawatan mobil matic sering disebut lebih merepotkan dibandingkan dengan mobil manual. Kerusakan yang dialami mobil matic, biasanya tidak terlepas dari kebiasaan dari pemilik mobil yang ternyata dapat cepat merusak mobilnya sendiri.

Gigi pada mobil matic juga memiliki fungsinya masing-masing, hal ini sangat berbeda dengan mobil manual yang giginya ditandai dengan angka dan 1 huruf N atau netral. Jika kita mengendarai mobil matic maka giginya akan terdiri dari huruf D, P, N, R dan juga L. Huruf-huruf tersebut, juga tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti huruf D yaitu untuk maju, N atau Netral yaitu posisi gigi netral, P atau Parkir untuk mobil saat posisi parkir, R atau Reverse untuk mundur dan L yaitu low.

Mengendarai mobil matic perlu memerhatikan penggunaan gigi yang tepat. Sama seperti kalian saat melewati turunan yang curam juga perlu cara khusus supaya transmisi mobil kalian tidak cepat rusak, terlebih saat kita sedang jalan-jalan ke daerah pegunungan atau sedang menghadapi jalanan yang memiliki turunan yang curam. Pada dasarnya turunan yang cukup curam dan panjang akan memaksa rem untuk bekerja lebih keras lagi. Dengan begitu perlu mengikuti beberapa cara berikut supaya transmisi mobil kamu tidak cepat rusak!

Saat melewati turunan yang curam, jangan mengganti gigi ke N atau Netral. Banyak dari pengendara masih melakukan hal ini karena menganggap bisa menghemat bahan bakar. Padahal hal ini bisa membuat transmisi kalian rusak, karena mobil dalam keadaan netral membuat engine brake tidak berfungsi dan akan memberatkan kinerja dari rem dan juga hal ini akan rawan terjadinya rem blong. Cara yang benar saat melewati turunan yang curam adalah dengan tetap menggunakan gigi D atau L supaya engine brake berfungsi membantu menahan mobil.